Bagaimana Mata Dapat Menangkap Warna ?

https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQPt9VROZe-abf4RdKbyQBrtRKEDQ9H28WKteDemXy30_RribXRgwWarna berasal dari cahaya. Sinar matahari, seperti yang kita rasakan, adalah tidak berwarna. Pada kenyataannya, pelangi adalah bukti bahwa semua warna dari spektrum yang hadir dalam cahaya putih. Cahaya putih memiliki 3 unsur warna, yaitu warna Red Green Blue (RGB).
Kita dapat melihat benda, karena adanya cahaya yang memantul dari benda tersebut menuju mata sehingga mata kita dapat melihat bentuk benda tersebut. Namun tidak hanya bentuk, sebenarnya warna juga dapat ditangkap mata karena adanya pantulan dari cahaya karena tiga unsur warna tersebut (RGB).
   
Seperti contoh skema di bawah ini:
Kita dapat melihat kertas berwarna putih karena ketiga unsur cahaya RGB dipantulkan semua. Sedangkan kita melihat warna hitam, karena ketiga unsur cahaya tersebut diserap semuanya.


Kita dapat
melihat kuning karena merah dan hijau dipantulkan ke mata. Sedangkan kita akan melihat merah, karena hanya merah yang dipantulkan kemata, warna lainnya di serap.
         

Kita melihat Cyan saat sinar merah di serap sedangkan sinar hijau dan biru dipantulkan ke mata. cahaya biru diserap oleh cetak kuning sedangkan cahaya hijau dan merah dipantulkan ke mata, sehingga unsur biru tidak tampak.

 

Begitu juga untuk warna-warna yang lainnya bisa ditangkap oleh mata karena ada pantulan dari ketiga unsur warna RGB.
Title: Bagaimana Mata Dapat Menangkap Warna ?; Written by Unknown; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar